About Ubuntu

Well, karena waktu itu dosen gw bilang, “Saya tidak akan memakai aplikasi bajakan untuk kerja,” ga tahu kenapa gw jadi ingin mencoba memakai linux, khususnya Ubuntu. Gw memilih ubuntu karena gw sudah cukup penasaran dengan distro linux yang satu ini karena seringkali gw melihat blog-blog orang yang membicarakannya. Gw akan membahas sedikit soal distro Linux yang satu ini.

Ubuntu adalah salah satu dari distro-distro linux yang berbasiskan Debian. Proyek Ubuntu didanai oleh Canonical Ltd, perusahaan milik Mark Shuttleworth yang merupakan seorang kosmonot dari Afrika selatan. Dan nama Ubuntu sendiri diambil dari bahasa kuno Afrika yang artinya  “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”.  Ubuntu memiliki filosofi, yaitu:

  • Bahwa  perangkat lunak harus tersedia bebas biaya atau gratis
  • Bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan
  • Bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

So, setelah gw baca-baca artikel-artikel yang ngejabarin soal Ubuntu, gw coba untuk memakai distro Linux yang satu ini. Selama ini sih enak-enak aja. Cuma mungkin masih belum terbiasa karena kita biasa memakai Windows.

Intinya, gw mau mencoba seperti yang dosen gw bilang. Mungkin sekarang masih jauh dari kata, “Anti Pembajakan”. Tapi mungkin seiring berjalannya waktu, gw atau mungkin juga kalian bisa untuk tidak menggunakan aplikasi-aplikasi bajakan khususnya sistem operasinya. Semoga tulisan gw ini bisa memberi manfaat buat kalian. Thanks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s