Samsung Galaxy Note GT-N7000, smartphone apa tablet??

Meskipun Samsung memposisikan Galaxy Note GT-N7000-nya sebagai sebuah smartphone, namun tetap saja ukurannya tergolong besar dan jauh melebihi ponsel pada umumnya dan berada di pertengahan antara tablet dan smartphone. Galaxy Note menurut Samsung merupakan sebuah tipe baru dari smartphone. Mengkombinasikan layar 5.3 inci Super AMOLED HD dan Android 2.3 Gingerbread dengan S Pen interface ditenagai oleh prosesor dual core 1.4 GHz dan batere 2500 mAh,mempunyai kamera 8MP dan 2MP dipadu dengan konektivitas 3.5G, WiFi, GPS serta Bluetooth, dengan harga Rp. 6999.000 mampukah Galaxy Note menancapkan sebuah benchmark baru bagi smartphone Android?

Terlepas dari ukuran jumbonya, jika dilihat dari depan Note mirip seperti Samsung Galaxy S pertama. Bagian sampingnya pun sama dengan SGS, terbuat dari list berwarna biru gelap. Sementara itu casing belakang adalah karet bergerigi yang sudah ada di nyaris semua smartphone Samsung yang dirilis setelah Galaxy Ace. Bahan bergerigi ini memiliki beberapa keuntungan seperti tidak licin dan anti-keringat. S-Pen yang merupakan stylus spesial Galaxy Note ditempatkan di sebelah kiri pada bagian belakang Note, dengan penempatan yang mirip dengan PDA-PDA keluaran tahun 2000 awal. S-Pen ini tidak bisa digunakan untuk ponsel berlayar kapasitif lainnya. Kover belakang penutup baterai bisa dicopot, namun untuk memasukkan SIM card dan Micro SD perlu membuka baterai terlebih dulu. Sayangnya tidak ada port HDMI di Galaxy Note.

Layar adalah salah satu keunggulan utama dari Samsung Galaxy Note. Spek layarnya antara lain Super AMOLED dengan resolusi 1280×800 piksel yang memenuhi diagonal selebar 5.3 inci, membuat kepadatan piksel sebesar 284,8 piksel per inci, jauh lebih padat dibanding Galaxy S II yang 217 ppi dan Galaxy Tab 7.0 Plus yang 215,63 ppi. Meskipun masih menggunakan PenTile matrix, dimana 1 piksel hanya berisi 2 subpiksel, sehingga akan terlihat kurang tajam dibanding jenis RGB biasa, namun besarnya resolusi pada Galaxy note membuat hal ini tidak mengganggu dibanding PenTile Matrix pada layar Super AMOLED Galaxy S pertama yang kerapatan pikselnya hanya 233,24 piksel per inci.

Jadi kesimpulannya, Galaxy Note memang belum punya saingan, dengan layar 5.3 incinya memang sulit memposisikan ponsel ini sebagai ”ponsel.” Namun layar yang besar sangat memanjakan mata dengan Super AMOLED HD, ditambah lagi dengan performa tinggi dan S Pen yang cukup berguna sekaligus fun. Galaxy Note adalah sebuah spesies baru yang menjembatani antara ponsel dan tablet, namun sayangnya harganya lebih mahal dari keduanya (Galaxy S II dan Tab 10.1).

Kelebihan:

  • Layar 5.3 inci Super AMOLED HD 1280×800 piksel
  • Bodi tipis
  • Performa tinggi
  • S Pen dan S Memo
  • Kamera dan Perekam Video bagus

Kekurangan

  • Mahal
  • Tidak ada Port HDMI
  • Desain kurang mewah

Ada yang berminat??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s