Pentingkah Berorganisasi

Untuk anda yang baru memasuki jenjang kuliah, pasti ada yang bingung saat melihat banyaknya organisasi di dalam kampus. Dan mungkin juga ada yang tidak terlalu memikirkan akan ikut organisasi apa atau melakukan apa. Baik yang beralasan ingin fokus pada perkuliahan, atau memang anda tidak punya keinginan sama sekali, yang sebenarnya organisasi sangat penting, kenapa?

Sebelumnya, saya akan menjelaskan apa itu organisasi. Secara umum, definisi organisasi adalah berkumpulnya dua atau lebih orang yang mempunyai suatu tujuan tertentu. Karena  memiliki tujuan tertentu, maka organisasi juga mengatur orang-orang yag menjadi anggota dengan berbagai macam usaha dan kegiatan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Berbagai cara atau metode akan mereka lakukan untuk mencapai tujuan mereka. Namun, mengapa organisasi sangat penting?

Organisasi menjadi sangat penting di kehidupan kita, karena manusia adalah makhluk sosial, makhluk yang hidup dengan cara bersosialisasi. Sehingga, sangat tidak mungkin untuk anda ataupun saya hidup tanpa bantuan dan dukungan orang lain. Walaupun ketersinggungan tersebut dapat membawa keuntungan, atau membawa kerugian pada diri kita. Karena tujuan yang sama, maka manusia membentuk kelompok yang dapat mempercepat mereka dalam mendapatkan tujuannya. Jika bersatu dan saling mendukung, maka tujuan lebih cepat tercapai.

Dalam organisasi, diperlukan orang-orang yang dapat menjalankan dan memimpin organisasi yaitu perangkat organisasi. Perangkat organisasi terdiri dari susunan organisasi yang sengaja dibuat untuk membagi masing-asing tugas dari individu dalam menjalankan organisasi tersebut. Susunan organisasi mencerminkan sikap utuh dari pimpinan dan anggota. Seperti ketua, sekretaris, dan bendahara. Selain susunan organisasi, dalam organisasi juga dibutuhkan aktivis. Mereka adalah tulang punggung organisasi. Mereka yang rela meluangkan waktu untuk kerja-kerja organisasi. Hanya orang-orang yang berkomitmen yang pantas menjadi aktivis. Organisasi yang baik adalah yang memiliki banyak aktivis. Maka, pendidikan dan kursus di dalam organisasi harus selalu dijalankan dan ditingkatkan. Sekali lagi pendidikan dan kursus tersebut harus juga memuat kebutuhan sosial-ekonomi, produksi, dan politik.

http://sukmablog12.blogspot.com/2012/12/pentingnya-berorganisasi_10.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s