iOS 7 VS Android Jelly Bean

Bertahun-tahun Apple mebuat perubahan kecil tiap tahunnya, tapi sekarang berbeda. Sudah tradisi android berubah dengan sangat cepat. Mengupas kecanggungan menjadi sesuatu yang sangat berguna. Namun sekarang berubah. Android tidak banyak berubah sejak tahun terakhir sedikitpun pada jelly bean.

Apakah sekarang adalah kesempatan Apple untuk meningkatkan level perdagangan?

Skeuomorphism sudah berakhir, pengguna sekarang menuntut fitur canggih. Pada posting kali ini saya akan membandingan beberapa fitur pada iOS 7 dan Jelly Bean.

Sharing atau Berbagi

Pada Apple, aplikasi ini bernama AirDrop. AirDrop adalah cara untuk dengan mudah mengirim file antara perangkat iOS melalui wifi. Dua perangkat menyiapkan transfer melalui bluetooth, lalu mengirim file melalui wifi, yang memang lebih cepat. Apple dengan sangat jelas dengan keras mempromosikan fitur ini dengan dengan posisi pada Control Center slide-up panel. cara sharing pada perangkat Android memang lebih kuat, tapi kurang konsisten. Aplikasi dapat dengan mudah masuk dalam menu sharing umum pada Android.

Multitasking

Sudah sejak lama para pengguna iOS sulit menggunakan fitur ini, dengan cara menekan tombol home dua kali dan muncul tray aplikasi padah bawah layar, tapi tidak lagi. Dengan iOS 7, pengguna mendapatkan screenshots besar aplikasi yang berjalan yang dapat digeser. Android sudah menggunakan fitur tersebut sejak Android 4.0 pada tahun 2011. tampilan multitasking pada iOS 7 cenderung mirip dengan tampilan pada Android, namun secara kinerja multitasking pada android lebih baik.

Notifikasi dan Control Center

Bukan rahasia lagi Apple meniru notifikasi pada Android saat membuat control center. Android masih memiliki notifikasi yang lebih baik. Walaupun sedikit lebih tinggi dibanding iOS 7. Notifikasi pada Android lebih dinamis dalam menyampaikan informasi. Notifikasi pada android memiliki fitur yang lebih banyak. Sehingga pada Apple masih perlu banyak perbaikan.

Kamera dan Foto

Apple masih menjadi yang terdepan pada fungsi pengambilan gambar. iOS 7 tidak perlu merubah banyak fitur pada kamera. Sekarang kamera memiliki banyak fitur dan efek-efek yang menyenangkan.

Sedangkan pada android berbeda pada tiap perangkat. Sehingga tiap pabrikan memiliki ciri khas berbeda pada tiap perangkatnya.

Kontroversi Modern UI

Banyak orang yang kecewa pada tampilan iOS 7. Sudah banyak kasus pengguna pusing karena tampilannya.

Sedangkan pada android, desain Holo terlihat sangat bagus. Pada tiap perangkat memiliki tampilan berbeda. Namun pada sistem dasar, tampilan Android sangat bersih dan ringan.

 

iOS 7 merupakan langkah besar yang Apple ambil tahun ini. Fitur-fitur pada iOS 7 hampir menyerupai Android, dan tampilan pada iOS lebih segar. Ada satu perbedaan mendasar iOS 7 dengan Android 4.3. Beberapa waktu lagi, hampir semua perangkat pada Apple menggunakan iOS 7, namun hanya perangkat yang tinggi yang menggunakan Android 4.3.

Sumber: http://www.extremetech.com/mobile/166828-ios-7-vs-android-4-3-apple-takes-giant-leaps-while-android-stagnates

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s