Gorilla Glass

Bagi para pengguna gadget atau smatphone, mungkin anda sadar akan adanya fitur Corning Gorilla Glass 1 atau 2 pada spesifikasi gadget anda. Namun kebanyakan orang tidak mengerti apa yang dimaksud Gorilla Glass. Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai apa itu Gorilla Glass.

Gorilla Glass adalah kaca alkali-aluminosilikat yang di produksi perusahaan Corning, Amerika Serikat. Kaca ini direkayasa dengan menggabungkan ketipisan, keringanan, dan daya tahannya terhadap kerusakan. Jika gadget atau smartphone anda menggunakan kaca Gorilla Glass, maka layar gadget anda akan lebih kuat dari layar gadget lain yang tidak menggunakannya. Sudah banyak pengetesan pada kaca ini, baik di pukul dengan palu, di gores dengan pisau, ataupun di jatuhkan pada ketinggian tertentu. Dan dari percobaan-percobaan tersebut terbuktilah kekuatan yang dimiliki oleh kaca ini.

Kaca tersebut diperkuat melalui pergantian ion. Ditempatkan pada garam kalium cair pada temperature 400ºC, ion sodium yang lebih kecil meninggalkan kaca dan ion potassium dari bak garam tersebut menggantikannya Ion – ion yang lebih besar mengambil lebih banyak ruang dan ditekan sama – sama ketika kaca mendingin, dan menghasilkan lapisan tegangan pada permukaan kaca. Komposisi khusus Gorilla Glass memungkinkan ion kalium untuk menyebar ke permukaan, untuk menciptakan tegangan yang tinggi ke dalam gelas. Lapisan Kompresi inilah yang lebih tahan terhadap kerusakan dan penggunaan sehari – hari.

Walaupun sudah terbukti ketahanannya, namun tidak ada salahnya anda menjaga gadget anda lebih baik daripada tidak. Memang kaca ini kuat, namun jika terjadi kecelakaan atau masalah, bukan tidak mungkin parts lain dari gadget anda yang rusak. Semoga artikel ini dapat memberi wawasan untuk anda. Terima kasih.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Gorilla_Glass

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s