IDC: Pengapalan PC Tahun 2013 Turun 10%

Pengapalan PC di regional Asia Pasifik (kecuali Jepang) mengalami penurunan 10% tahun 2013 dengan jumlah 108 juta unit, dimana menandakan untuk pertama kalinya penurunan hingga dua gigit di regional ini dalam beberapa tahun terakhir seperti yang diungkapkan IDC.

Disaat Lenovo sedang diatas angin dengan pangsa pasar 24.9% untuk Asia Pasifik, namun tetap mengalami penurunan pertumbuhan tahunan sekitar 9.5%. Hanya HP yang mampu mengalami pertumbuhan PC berkat pemesanan oleh pemerintah India dalam kuota besar tahun lalu.

Penurunan ini disebabkan oleh tingkat pengadopsian smartphone dan tablet. Banyak pengguna yang baru melek teknologi melongkapi komputer personal dan langsung loncat ke smartphone dan tablet sebagai perangkat komputasi utama. Tentunya hal ini berdampak besar ke pembuat PC di Asia Pasifik, dengan kemungkinan penurunan yang lebih besar tahun 2014 ini. Gartner menyatakan bahwa pengapalan PC secara global mengalami penurunan terbesar sepanjang sejarah karena perubahan peran smartphone dan tablet di pasar yang sedang berkembang.

 

 

 

 

(table by gartner)

http://www.teknoup.com/news/28155/idc-pengapalan-pc-tahun-2013-turun-10/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s