Android Boleh Gratis Tapi Ada Biaya Bagi Manufaktur untuk Penggunaan Google Play Store

Secara umum sudah diketahui bahwa sistem operasi Android merupakan open source dan tersedia gratis untuk pengguna gunakan atau dimodifikasi. Tapi tidak banyak yang tahu bahwa jika anda ingin memiliki layanan Google dan aplikasi-aplikasi, ada peraturan dan larangan yang berlaku. Bagi para perusahaan manufaktur yang ingin memberikan layanan Google Play Store dan layanan Google Play di perangkat Android buatannya, Google memberlakukan tarif untuk hal tersebut.

Tarif yang diberlakukan tidaklah mahal. Dimana Windows Phone memberlakukan tarif sekitar $25 per perangkat, sebuah laporan dari The Guardian mengatakan bahwa Google hanya mengenakan tarif sebesar 75 sen per perangkat agar mendapat lisensi Google Mobile Services (GMS). Dimana jika dikalkulasi menyumbangkan Google pendapatan sekitar $100 juta per kuartal dari pendapatan total kuartal kemarin sebesar $14 milyar.

Tapi ada informasi yang mengatakan bahwa tarif 75 sen bukanlah angka yang resmi, dimana tarif lisensi dapat dinegosiasikan tiap produk tergantung dari jumlah perangkat dan ukuran dari perusahaan manufaktur sendiri. Perusahaan kecil masih mungkin dapat menggunakan layanan Google tanpa dikenakan biaya, dan ditekankan ke perusahaan besar. Aturan ini juga tidak begitu ketat, dimana memungkinkan perusahaan kecil menggunakan layanan Google secara tanpa ijin tanpa harus mengeluarkan biaya.

http://www.teknoup.com/news/28197/android-boleh-gratis-tapi-ada-biaya-bagi-manufaktur-untuk-penggunaan-google-play-store/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s