Apa itu VPN?

Apa sih yang namanya “VPN”? Mungkin anda yang memakai smartphone seperti Android pernah atau sering melihat pengaturan VPN pada menu setting. Namun anda mungkin tidak tahu fungsinya. Kali ini saya akan membahas mengenai apa itu VPN.

VPN atau Virtual Private Network adalah sebuah jaringan yang memungkinkan anda untuk terhubung dengan jaringan lain secara aman melalui internet. VPN dapat digunakan untuk mengamankan anda dari pencurian data saat menggunakan WIFI publik, membuka situs yang di blok oleh ISP atau penyedia jasa internet, dan lain sebagainya.

Ketika anda menghubungkan perangkat anda (PC, smartphone, atau tablet) ke VPN, perangkat anda bertindak sebagai jaringan lokal yang sama seperti VPN. Karena perangkat anda berperilaku seolah-olah ada di jaringan ini, ini memungkinkan Anda untuk secara aman mengakses sumber daya jaringan lokal bahkan ketika Anda berada di sisi lain dunia.

Ketika Anda menelusuri web saat terhubung ke VPN, kontak komputer Anda ke situs web melalui koneksi VPN terenkripsi. VPN akan meneruskan permintaan Anda dan meneruskan respon dari website kembali melalui sambungan aman. Jika Anda menggunakan VPN yang berbasis di AS untuk mengakses Google, Google akan melihat koneksi Anda berasal dari dalam Amerika Serikat.

Fungsi VPN

Akses Jaringan Bisnis Ketika di Perjalanan : VPN sering digunakan oleh pelancong bisnis untuk mengakses jaringan bisnis mereka, termasuk semua sumber daya jaringan lokal, ketika di perjalanan. Sumber daya lokal tidak harus terhubung langsung ke Internet, sehingga meningkatkan keamanan.

Akses Jaringan Rumah Anda Ketika Bepergian : Anda juga dapat mengatur VPN Anda sendiri untuk mengakses jaringan Anda sendiri saat bepergian. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses Remote Desktop Windows melalui Internet, berbagi berkas file, dan bermain game melalui internet seolah-olah Anda berada di LAN yang sama (local area network).

Menyembunyikan Aktivitas Browsing Anda Dari Jaringan Lokal Anda dan ISP : Jika Anda menggunakan koneksi Wi-Fi publik, aktivitas browsing Anda di situs web non-HTTPS terlihat untuk semua orang, jika mereka tahu bagaimana mencarinya. Jika Anda ingin menyembunyikan aktivitas browsing Anda untuk sedikit lebih privasi, Anda dapat terhubung ke VPN. Jaringan lokal hanya akan melihat satu sambungan aman VPN. Semua traffic lain akan melakukan perjalanan melalui koneksi VPN. Meskipun hal ini dapat digunakan untuk memotong koneksi-monitoring oleh penyedia layanan Internet Anda, ingatlah bahwa penyedia VPN dapat memilih untuk log lalu lintas di ujungnya.

Akses Website yang di Blokir : Ini adalah cara yang paling ampuh untuk bisa mengakses situs-situs yang diblokir dengan sangat mudah. Anda bisa menggunakan layanan VPN berbayar maupun layanan VPN gratis.

Bypass Sensor Internet : Banyak orang China menggunakan VPN untuk mengakali Great Firewall of China dan memperoleh akses ke seluruh internet. (Namun, Great Firewall tampaknya telah mulai mengganggu VPN)

Download File : Banyak orang menggunakan koneksi VPN untuk men-download file melalui BitTorrent. Ini sebenarnya dapat berguna bahkan jika Anda men-download torrents yang sepenuhnya legal – jika ISP Anda memblokir BitTorrent dan membuatnya sangat lambat, Anda dapat menggunakan BitTorrent pada VPN untuk mendapatkan kecepatan lebih cepat. Hal yang sama berlaku untuk jenis lain dari lalu lintas ISP Anda yang mungkin mengganggu (kecuali mereka mengganggu lalu lintas VPN itu sendiri.)

Layanan VPN gratis
Jika Anda baru saja mengenal VPN dan ingin VPN dasar untuk digunakan pada hotspot Wi-Fi atau mengakses situs-wilayah terbatas, ada beberapa layanan gratis yang cukup baik.

TunnelBear memiliki setup yang mudah dan sederhana. Anda cukup meng-klik tombol dalam aplikasi, Anda bahkan tidak perlu mengkonfigurasi VPN pada Windows. Versi gratis membatasi Anda untuk 500 MB per bulan, tapi itu mungkin baik untuk penggunaan sesekali.

Ada juga proXPN , yang menyediakan klien bebas. Gratis klien terbatas pada 300kbps, tapi lalu lintas sebaliknya terbatas.

Anda juga mungkin tertarik dalam mendirikan VPN di server Anda sendiri, yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti Tomat atau OpenWRT. Tentu saja, ini tidak akan memungkinkan Anda untuk mengakses situs web yang diblokir, kecuali jika Anda bepergian ke luar negeri dan mengakses jaringan Anda sendiri dari jarak jauh.

Itulah informasi yang saya ketahui tentang VPN, semoga dapat menambah wawasan anda. Terimakasih sudah berkunjung.

Sumber : http://www.inteknologi.net/2013/04/apa-itu-vpn-virtual-private-network.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s