Lawan Apple dan Beats, Google Beli Songza

Awal bulan Mei lalu, Apple telah berhasil mengakuisisi Beats Electronics dengan kesepatakan harga mencapai US$3,2 Miliar. Dari akuisisi tersebut, Apple kini tidak hanya menguasai penuh produksi headphone yang dimiliki Beats Electronics, tetapi juga layanan musik streaming yang dimilikinya.

Rupanya akuisisi tersebut juga memancing perusahaan teknologi raksasa lainnya untuk melakukan hal yang sama. Seperti yang dikabarkan oleh The Verge, Google mengumumkan keinginannya untuk mengambil alih layanan musik streaming Songza. Rencananya, Google akan mengintegrasikan Songza sebagai playlist yang cerdas ke dalam Google Play Music dan juga YouTube.

Hingga proses akuisisi diselesaikan, Songza akan tetap sebagai sebuah aplikasi mobile yang mandiri. Namun, banyak pengamat yang mengatakan bahwa pembelian tersebut lebih menyoroti lanskap yang semakin kompetitif di industri musik, terutama layanan musik streaming. Perlu diketahui bersama, selain Apple dan Google, Amazon juga menjadi salah satu perusahaan berbasiskan teknologi yang menawarkan layanan serupa.

Dikembangkan pada tahun 2010 yang saat itu masih dalam format web base, Songza sudah menawarkan kepada penggunanya kemampuan untuk membuat sebuah playlist. Perkembangan layanan ini terus menunjukkan kearah positif, sehingga memacu perusahaan di tahun 2011 untuk membuat aplikasi mobile-nya dan saat itu, penggunanya telah mencapai 5,5 juta pengguna aktif.

Menurut beberapa sumber yang dekat Songza, untuk mengakuisisi layanan tersebut Google perlu mengeluarkan uang hingga US$6,7 juta. Laporan sebelumnya yang disebutkan oleh New York Post mengatakan bahwa Google telah melakukan penawaran sekitar US$15 juta. Sedangkan New York Times mengklaim kesepakatan akuisisi tersebut bernilai lebih dari US$39 juta.

http://chip.co.id/news/technology-corporate-web_internet-software_os-law_and_regulations-gadget-apps/12290/lawan_apple_dan_beats_google_beli_songza

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s